Kamis, 09 Januari 2014

manajemen pemasaran produk indomie



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
 Persaingan dunia bisnis yang berperan mengalirkan berbagai macam barang atau jasa dilakukan semata-mata untuk kepentingan dirinya, dalam arti untuk mendapatkan keuntungan finansial seperti laba, melainkan dilakukan juga oleh dunia usaha dengan jalan menyediakan barang dan jasa yang diperlukan bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat. Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang mengalirkan barang atau jasa yang sama jenisnya khususnya di bidang industri makanan dengan salah satu contohnya yaitu produk mie instan. Hal ini dapat dilihat dari persaingan antara PT. Sayap Mas Utama (Wings Group) merek mie Sedaap dengan PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk merek Indomie.
Pasar mie instan di Indonesia memang menggiurkan. Ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap mie cepat saji ini cukup besar. Dalam hal ini juga memicu perusahaan-perusahaan mie instan untuk berkompetisi agar dapat meraih pangsa pasar dengan menawarkan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini yang menyebabkan konsumen harus dihadapkan oleh beberapa jenis produk mie instan dengan berbagai merek serta kualitas yang ditawarkan. Tidak heran jika dari waktu ke waktu banyak perusahaan baru melirik pasar mie instan.
Perkembangan dunia usaha saat ini telah membawa para pelaku dunia usaha ke persaingan yang sangat ketat untuk memperebutkan konsumen. Persaingan membuat para pelaku usaha untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen dengan meningkatkan preferensi konsumen, harga yang murah dan ketersediaan produk. Perusahaan sejenis yang beroperasi dengan berbagai produk/jasa yang ditawarkan semakin banyak berkembang dan dapat mempengaruhi sikap konsumen terhadap produk/jasa tersebut.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis akan menjelaskan sedikit mengenai pemasaran yang dilakuakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Dalam memasarkan produk Indomie


1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas penulis mempunyai beberapa rumusan masalah antara lain:
1.      Bagaimana produk Indomie?
2.      Bagaimana pemasaran Indomie?
3.      Bagaimana distribusi Indomie?
4.      Analisis produk Indomie?
5.      Analisis pemasaran Indomie?
6.      Analisis distribusi Indomie?
7.      Bagaimana Indomie ditinjau dari Prinsip Syari’ah?













BAB II
KEADAAN UMUM
           
2.1 Produk
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. merupakan salah satu perusahaan mie instant dan makanan olahan terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group. PT Indofood Sukses Makmur (PT ISM), Tbk merupakan produsen mie instan di Indonesia yang memproduksi mie instan dengan 40 citarasa dan beberapa merek. Banyaknya produk mie instan yang beredar di pasaran dan persaingan tingkat produsen yang semakin tinggi, menyebabkan PT ISM, Tbk harus dapat bertahan dengan baik dan meningkatkan daya saing. Salah satu cara meningkatkan daya saing adalah perusahaan harus mengoptimalkan kinerja dari fungsi-fungsi yang ada di perusahaan.
Berdasarkan data PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. (2004-2006), perkembangan produksi mie instan di Indonesia memperlihatkan suatu peningkatan yang positif, walaupun pada tahun 2006 sempat mengalami suatu penurunan produksi. Secara kuantitas, produksi mie instan dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dengan tren yang positif. Hal ini menunjukkan suatu prospek yang cukup baik bagi industri mie instan ini pada masa yang akan datang.PT. Indofood Sukses Makmur menjadikan mutu dan kepuasan pelanggan sebagai basis bagi perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu keinginan dan kebutuhan konsumen harus diperhatikan oleh produsen karena kebutuhan ini akan senantiasa berubah. Perkembangan produk mie instan yang sudah dianggap sebagai makanan cepat saji dan bahkan sebagai makanan pokok, menyebabkan tingkat persaingan pada industri mie instan ini semakin tinggi.[1]
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/c/c1/Indomie_Goreng_Spesial.jpg/250px-Indomie_Goreng_Spesial.jpg   
Brand name yang digunakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, adalah Indomie. Satu bungkus Indomie standard memiliki massa 85 gram, dan terdapat 2 sachet berisi 5 bumbu-bumbuan yang disertakan yaitu: kecap manis, saus sambal, minyak palm, bubuk perasa dan bawang goreng. Indomie juga tersedia dalam versi jumbo dengan massa 120 gram (anonim, 2008), indomie memiliki rasa yang sesuai dengan selera orang indonesia. Indomie pun selalu berusaha memenuhi keinginan konsumen yang semakin banyak, terbukti dengan semakin bertambahnya variasi produk indomie.[2]
Indomie memiliki banyak varian rasa, untuk Indomie goreng antara lain Mi Goreng Spesial Plus, Mi Goreng Special, Mi Goreng Pedas, Mi Goreng Rasa Ayam dan Mi Goreng Rasa Sate, untuk Mi Kuah antara lain Mi Goreng Rasa Ayam Bawang, Mi Rasa Kaldu Ayam, Mi Rasa Kari Ayam dengan Bumbu kari, Mi Kari Ayam dengan Bawang Goreng, Mi Rasa Soto Spesial, Mi Rasa Kaldu Udang, Mi Rasa baso Sapi, Mi Rasa Sop Ayam, Mi Rasa Soto Mie, Mi Rasa Ayam Spesial, untuk Indomi Jumbo antara lain Mi Goreng Jumbo Rasa Ayam Panggang, Mi Goreng Spesial Jumbo, untuk Indomi Mi Kriting Rasa Ayam Cabe Rawit, Mi Kriting RasaLaksa Spesial, Mi Kriting Goreng Rasa kornet.[3]
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/c/c7/Indomie.jpg/250px-Indomie.jpg
Hal lainnya yaitu kemasan, kemasan yang digunakan oleh produsen terdiri dari tiga bentuk bahan. Pertama, adalah kemasan utama yang merupakan bungkus langsung suatu produk. Kemasan kedua yaitu bahan yang melindungi kemasan dan akan dibuang bila produk tersebut hendak digunakan. Ketiga kemasan pengiriman yaitu kemasan yang diperlukan untuk pengangkutan. Pada umumnya, produk mi instan menggunakan kemasan primer yang terbuat dari plastik, alumunium  foil dan mangkok, serta kemasan pengiriman menggunakn kartom.[4]    

2.2 Pemasaran       
            Dominasi PT Indofood Sukses Mandiri Tbk begitu kuat walaupun sudah terjadi pergeseran. Tahun 2002 Indomie menguasai sekitar 90% pasar mie instan, tahun lalu menurun menjadi 75%. Sisa yang 25% dikeroyok merk mie instan lainnya. Kemunduran itu patut di waspadai. Apalagi baru-baru ini muncul produk-produk baru, seperti mie sedap milik PT Sayap Mas Utama yang merupakan group dari kelompok Wing yang diluncurkan pada mei 2003 dan baru didistribusikan di pulau jawa dan bali, namun namanya sudah mulai diperbincangkan di kalangan pembeli di warung-warumh, bahkan pasar swalayan.
            Tentang srategi menghadapi persaingan, Indofood akan menerapakan strategi Mastering The Present, Pre-empiting The future. Strategi ini antara lain fokus kepada organic growth, memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost cutting. Di samping itu tetap melanjutkan segmentasi para komsumennya dengan memperkenalkan produk-produk dengan higher price and highter margin.
            Keberhasilan Indomie terus bercukul di urutan teratas Top Brand adalah berkat konsistensi indomie dalam menjalankan strategi kunci 3A:
1.      Acceptabillity, yaitu rasa indomie yang sudah bisa diterima di lidah konsumen (product).
2.      Avalaibility, produk indomie mudah diperoleh dimana saja (place).
3.      Affordability, tercermin dari harga eceran indomie yang terjangkau (price).[5]

Promosi bertujuan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan suatu produk pada pasar sasarannya. Promosi dapat membentuk persepsi yang diinginkan dan memberikan rangsangan untuk membeli produk yang ditawarkan.
           
Produk indofood banyak di promosikan melalui: media elektronik dan cetak, papan billboard di jalan-jalan besar, menjadi sponsor acara, dan mengadakan ajang membuat jingle untuk indomie. Indomie mempunyai taglineyang sangat sederhana namun pas dan ringan untuk didengar dan di ingat oleh masyarakat yaitu, “indomie seleraku”. Nama yang singkat, seerhana namun unik, mudah diingat, menjadi beberapa faktor dari keberhasilan tersebut. Masyarakt Indonesia sendiri beranggapan bahwa nama atau merk indomie berasal dari kepanjangan indonesia-mie sehingga menimbulkan asumsi bahwa indomie membawa jati diri bangsa.
Promosi bertujuan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan suatu produk pada pasar sasarannya. Promosi dapat membentuk persepsi yang diinginkan dan memberikan rangsangan untuk membeli produk yang ditawarkan.
            Indomie secara tidak langsung terpromosikan karena sering menajadi salah satu  bantuan makanan untuk korban bencana alam baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Banyak warga negara Indonesia di negeri lain yang sering membawa produk ini ke negara mereka tinggal sebagai salah satu makanan instan favorit. Indomie kini bukan hanya dapat dijumpai di Indonesia, tetapi juga di Amerika Serikat, Australia, bebrbagai negara di Asia, Afrika bahkan Eropa.[6]
2.3 Distribusi
Menurut Kotler (1991) Saluran distribusi adalah sekelompok perusahaan atau perseorangan yang memiliki hak pemilikan atas produk atau membantu memindahkan hak pemilikan produk atau jasa ketika akan dipindahkan dari produsen ke konsumen.
Pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi tehadap penjualan pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Dalam bauran pemasaran dikenal dengan produk, harga, promosi, dan distribusi yang tujuannya untuk meningkatkan penjualan. Promosi adalah kegiatan pemasaran yang sangat penting bagi perusahaanuntuk memperkenalkan produknya kepada konsumen, sedangkan diatribusi merupakan proses pendistribusian produk dan jasa yang sesuai dan teerorganisir sehingga terjadi keefektifan penjualan.
            Saluran distribusi dipakai oleh semua perusahaan untuk memproduksi barang yang baik, namun banyak pula yang gagal memenuhi target pasarnya. Keadaan ini disebabkan oleh kebijakan distribusi yang kurang tepat sehingga barang yang dihasilakan kurang laku dipasar dan menyebabkan banyak konsumen merasa kurang puas. Dengan demikian, saluran distribusi memiliki peranan penting bagi kelangsungan hidup dan tumbuh perusahaan.[7]
            Jenis Saluran Distribusi Mie Instant INDOMIE
Produsen          Wholesaler          Retailer           Konsumen
            Karena, produk mie instant tahan lama dan tidak mudah rusak sehingga produk INDOMIE tidak ada masalah jika menggunakan saluran distribusi yang panjang. Jadi dari produsen menyalurkan ke wholesaler (pedagang besar) lalu disalurkan kembali (biasanya dibeli) retailer (pedagang pengecer) seperti warung- warung dan akhirnya sampai ke tangan konsumen.
Jenis Saluran Distribusi Mie Instant INDOMIE
Agent Midlemant
            Karena, produk mie instant INDOMIE dalam saluran distribusinya tidak memiliki tanggung jawab terhadap produk yang sudah dibeli baik dalam partai besar maupun partai pengecer.
Jenis Saluran Distribusi Mie Instant INDOMIE
Pedagang Nasional
            Karena, produk mie instant INDOMIE dalam saluran distribusinya berskala NASIONAL. Melayani permintaan dari berbagai wilayah di Indonesia, sabang sampai merauke. Selain itu, kini INDOMIE dapat lebih memuaskan permintaan produk INDOMIE dengan memastikan stocknya cukup di gerai- gerai INDOMARET retailer selain di warung- warung pada umumnya.
Sebenarnya, saluran distibusi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk sudah mendunia. Tidak hanya mencukupi permintaan dalam negeri. Namun Negara Australia, Eropa hingga Amerika telah akrab dengan produk- produk Indofood. Namun Indofood pun hanya ada di beberapa mini market (sejenis Indomaret) dan biasanya stock terbatas.
Jenis-Jenis / Macam-Macam Saluran Distribusi Mie Instant INDOMIE
Ekstensif
Karena, produk mie instant INDOMIE dalam saluran distribusinya menggunakan Saluran Distribusi yang luas. Banyak menggunakan terutama retailer atau pedagang pengecer. Sehingga Saluran Distribusi yang digunakan sebanyak- banyaknya untuk terus menjaga permintaan agar tidak ada loss demand.









BAB III
ANALISIS

3.1 Pemasaran
            Pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
asamihishochi.files.wordpress.com.jpg
            Dari segi pemasaran dalam media elektronik maupun media cetak, produk indomie sering menggunakan budaya-budaya nusantara dalam tema pemasarannya. Dan juga dalam iklan indomie yang bertema “satu selera” iklan indomie menggunakan bahasa daerah dan menggunakn model iklan yang merupakan anak muda dimaksudkan untuk membawa spirit pemudayang aktif dan penuh semangat. Sselain itu juga agar indomie tidak  kehilanagan pasar dari generasi muda.
           

3.2 Distribusi
Pendistribusian adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar serta mempermudah penyampaian produk dan jasa dari produsen kepada konsumen sehingga pengguna akhir sebagai tujuan akhir dapat memperoleh barang yang dibutuhkan tepat waktu. Sebaik- baik apapun suatu produk dihasilkan dan dipromosikan, namun jika kesediaannya tidak dijamin keberadaannya (sulit didapat) konsumen pun pasti akan enggan untuk bertahan pada produk tersebut.
Itulah sebabnya INDOMIE sebagai mie instant yang menguasai pasar (market share tebesar) dan leader terus berupaya memuaskan konsumennya bukan hanya dlam inovasi rasa dan produk namun juga dalam menjaga kesediaan barang. Hal ini didukung dengan saluran distribusi yang lancar dan tidak terlalu panjang tahapannya, sehingga produk cepat sampai ke tangan konsumen akhir (pengguna) dan juga bekerjasama dengan gerai- gerai retailer seperti INDOMARET yang kini hampir ada di setiap wilayah pedesaan atau semi desa.
3.3 Tanggapan Konsumen
            Perilaku pembelian seseorang dapat dikatakan sesuatu yang unik. Selain itu konsumen berasal dari beberapa segmen, sehingga apa yang diinginkan dan dibutuhkan juga berbeda. Masih terdapat banyak faktor yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Produsen perlu memahami perilaku konsumen terhadap iklan atau merek yang ada di pasar, selanjutnya perlu dilakukan berbagai cara untuk membuat konsumen tertarik terhadap produk yang dihasilkan.
Seiring pertumbuhan ekonomi, iklan menjadi sangat penting karena konsumen potensial akan memperhatikan iklan dari produk yang ia akan beli. Fungsi iklan selain sebagai promosi juga berfungsi (Kotler : 2000) menginformasikan suatu produk atau jasa ataupun perusahaan dan sebagai media untuk mengingatkan konsumen terhadap sesuatu produk atau jasa.
Dalam pembahasan ini saya akan memaparkan hasil penelitian yang diperoleh dari penyebaran kuisioner yang terdiri dari 20 pertanyaan kepada 60 responden yang mengkonsumsi mie instan indomie di Cilodong Depok yang bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklan televisi terhadap minat beli konsumen Mie Instan Indomie versi Beda Generasi Satu Selera di Cilodong Depok.
Berdasarkan hasil kuesioner maka diperoleh hasil sebesar 12,4 % menyatakan sangat setuju, 41,5% menyatakan setuju, 31,8% menyatakan cukup setuju, 9% menyatakan tidak setuju, 6% menyatakan setuju secara keseluruhan pernyataan bahwa pengaruh iklan televisi terhadap minat beli konsumen mie instan indomie versi beda generasi satu selera di Cilodong Depok Dari perhitungan tersebut, bahwa χ2 hitung 12,91196 lebih besar dari χ2 tabel sebesar 9,48773 maka ha diterima ho ditolak.
Jadi kesimpulannya ada pengaruh iklan televisi terhadap minat beli konsumen mie instan indomie versi beda generasi satu selera di Cilodong Depok.

3.4 Prinsip Syariah
logo-halal-mui.jpg
            Label halal produk pada dasarnya meruang lingkup produk pangan yang diatur di dalam Undang-Undang No. 7 Tahun 1996 Tentang Pangan. Pangan sebagaimana dikatakan dalam Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang No. 7 Tahun 1996 adalah : “Segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah, yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan dan atau pembuatan makanan atau minuman”. Sedangkan label pangan pada undang-undang ini diartikan sebagai “Setiap keterangan mengenai pangan yang berbentuk gambar, tulisan, kombinasi keduanya, atau bentuk lain yang disertakan pada pangan, dimasukkan ke dalam, ditempelkan pada, atau merupakan bagian kemasan pangan“.
Wajdi (2000:1-2) mengatakan, secara normatif–empiris label dan iklan pangan memiliki beberapa fungsi :
1)      Sebagai sumber informasi. Label pangan dan iklan merupakan sumber informasi bagi konsumen tentang suatu produk pangan karena konsumen tidak dapat langsung bertemu dengan pelaku usahanya.
2)      Label dan iklan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi konsumen untuk menentukan pilihan. Konsumen kritis tentu saja terlebih dahulu membaca label dan iklan dengan cermat, teliti dan melakukan perbandingan dengan produk lain dari segi komposisi, berat bersih, harga dan lain-lain sebelum membeli dan menjatuhkan pilihan (Pasal 4 UU No. 8 Tahun 1999).
3)      Label dan iklan dapat digunakan sebagai sarana mengikat transaksi. Label dan iklan harus bersifat mengikat. Segala sesuatu yang diinformasikan dalam label dan yang dijanjikan dalam iklan, harus dapat dibuktikan kebenarannya. Iklan harus legal, terukur, jujur dan objektif. Pelaku usaha harus bersedia dituntut apabila ternyata label dan iklannya tidak terbukti benar.
Dari uraian di atas maka pada dasarnya label adalah suatu tanda yang dilekatkan pada suatu produk yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat, dimana label tersebut menentukan keadaan serta keterangan dari produk yang bersangkutan. Produk indomie sesuai dengan syariat yang telah ditentukan oleh islam.
Dari hal pemasaran, pemasaran dalam islam adalah bentuk muamalah yang dibenarkan dalam islam, sepanajang dalam segala proses transaksinya terpelihara dari hal-hal terlarang oleh ketentuan syariah. Dalam syariah merketing, seluruh proses, baik proses penciptaan, proses perubahan nilai (value), tidak boleh ada hal-halyang bertentangan dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah yang islami. Dan juga dalam pemasaran (promosi), pebisnis muslim juga menghindari iklan porno, bohonh, dan promosi yang menghalalkan berbagai cara.
Jadi dapat disimpulkan dari penjelasan di atas, bahwa produk indomie dari sisi pemasarannya halal, karena tidak mengandung sisi yang dilarang agama islam, seperti porno, bohonh, dan promosi yang menghalalkan berbagai cara.
Sedangkan dalam hal distribusi dalam pespektif islam memepunyai dua landasan yaitu tauhid dan jujur. Dan distribusi yang dilarang dalam islam yaitu penimbunan dan juga monopoli. Dan juga dalam hal distribusi, pebisnis miuslim juga juga tidak diperbolehkan untuk mendzalimi pebisnis lainnya.
Jadi dapat disimpulkan dari penjelasan di atas, bahwa produk indomie dari hal distribusi berdasar dengan prinsip syari’ah. Karena distribusi produk indomie menggunakan wholesaler (pedagang besar) lalu disalurkan kembali (biasanya dibeli) retailer (pedagang pengecer) seperti warung- warung dan akhirnya sampai ke tangan konsumen. Dan juga terhindar dari sifat mendzalimi pebisnis lain. Tapi masih dapat memungkinkan terjadi penyelewengan dari prinsip syariah ketika produk indomie berada di wholesher, dan wholesher tersebut menimpun ataupun juga memonopoli produk indomie.

           

   


BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
            PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. merupakan salah satu perusahaan mie instant dan makanan olahan terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group. PT Indofood Sukses Makmur (PT ISM), Tbk merupakan produsen mie instan di Indonesia yang memproduksi mie instan dengan 40 citarasa dan beberapa merek. Banyaknya produk mie instan yang beredar di pasaran dan persaingan tingkat produsen yang semakin tinggi, menyebabkan PT ISM, Tbk harus dapat bertahan dengan baik dan meningkatkan daya saing. Salah satu cara meningkatkan daya saing adalah perusahaan harus mengoptimalkan kinerja dari fungsi-fungsi yang ada di perusahaan.
Tentang srategi menghadapi persaingan, Indofood akan menerapakan strategi Mastering The Present, Pre-empiting The future. Strategi ini antara lain fokus kepada organic growth, memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost cutting. Di samping itu tetap melanjutkan segmentasi para komsumennya dengan memperkenalkan produk-produk dengan higher price and highter margin.
Saluran distribusi dipakai oleh semua perusahaan untuk memproduksi barang yang baik, namun banyak pula yang gagal memenuhi target pasarnya. Keadaan ini disebabkan oleh kebijakan distribusi yang kurang tepat sehingga barang yang dihasilakan kurang laku dipasar dan menyebabkan banyak konsumen merasa kurang puas. Dengan demikian, saluran distribusi memiliki peranan penting bagi kelangsungan hidup dan tumbuh perusahaan.
           
Jenis Saluran Distribusi Mie Instant INDOMIE
Produsen          Wholesaler          Retailer           Konsumen
Berdasarkan penjelasan di bab II dan bab III produk indomie di tinjau dari produk dapat dikatakan produk yang halal. Kemudian di tinjau dari segi distribusi produk  indomie juga sesuai dengan prinsip syari’ah. Dan terakhir di tinjau dari segi pemasaran (iklan) produk indomie juga berdasar pada prinsip syaria’ah karena tidak mengandung iklan porno, bohonh, dan promosi yang menghalalkan berbagai cara.
















Daftar Pustaka

http://ervinkurnia88.wordpress.com/2013/04/06/analisis-produk-pt-indofood-sukses-makmur-tbk/
http://haryadhaagustian.wordpress.com/2009/05/31/strategi-indomie-merajai-pasar-mie-instan/
http://the-marketerss.com/achives/strategi-jitu-indomie-dalam-menangkap-peluang-pasar.html
http://ferdi2811030009.blogspot.com/2010/07/strategi-pemasaran-indomie.html?m=1
http://suwiraputra.wordpress.com//2011/08/02/strategy-indomie-merajai-pasar-mie-instant/
http://dikapratiwirh.blogspot.com/2012/09/sejarah-ptindofood-cbp-sukses-makmur-tbk.html?m=1



[1] http://ervinkurnia88.wordpress.com/2013/04/06/analisis-produk-pt-indofood-sukses-makmur-tbk/
[2] http://haryadhaagustian.wordpress.com/2009/05/31/strategi-indomie-merajai-pasar-mie-instan/
[3] `http://the-marketerss.com/achives/strategi-jitu-indomie-dalam-menangkap-peluang-pasar.html
[4] http://ferdi2811030009.blogspot.com/2010/07/strategi-pemasaran-indomie.html?m=1
[5] http://suwiraputra.wordpress.com//2011/08/02/strategy-indomie-merajai-pasar-mie-instant/
[6] http://dikapratiwirh.blogspot.com/2012/09/sejarah-ptindofood-cbp-sukses-makmur-tbk.html?m=1
[7] http://suwiraputra.wordpress.com//2011/08/02/strategy-indomie-merajai-pasar-mie-instant/

5 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya BPK. MUHAMAD ISKANDAR Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!. PESUGIHAN DANA GAIP KY DIMAS KANJENG
    KLIK DISINI

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus